Indriyani, Ela Nur (NIM.40215043) (2019) IMPLEMENTASI METODE MENGGAMBAR MONTASE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SD NEGERI KARANGPARI 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215043_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
40215043_BAB I.pdf - Accepted Version Download (166kB) | Preview |
|
Text
40215043_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (86kB) |
||
|
Text
40215043_BAB III.pdf - Accepted Version Download (52kB) | Preview |
|
Text
40215043_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (53kB) |
||
|
Text
40215043_BAB V.pdf - Accepted Version Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
40215043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (20kB) | Preview |
|
Text
40215043_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (802kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu Sekolah Dasar, yaitu SD Negeri Karangpari 02 yang sudah menerapkan pembelajaran menggunakan metode menggambar montase yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode menggambar montase pada mata pelajaran SBdP kelas IV SD Negeri Karangpari 02 yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan sarana prasarana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa-siswi kelas IV. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian metode menggambar montase berupa a) materi yang diterapkan yaitu montase tematik. b) Proses pelaksanaan yang memiliki tahap perencanaan, guru merencanakan RPP. Pelaksanaan, guru membimbing siswa serta menggunakan metode, model dan media. Evaluasi, guru menarik kesimpulan dan memberikan penilaian. Sarana prasarana, guru menggunakan media, buku tematik dan ruang kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Seni Budaya dan Prakarya, Montase. | ||||||||||||
Subjects: | 700 Kesenian dan Rekreasi > 740 Kesenian > 741 Gambar dan Seni Menggambar > Teknik Menggambar Kartun, Komik, Karikatur | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/569 |
Actions (login required)
View Item |