Search for collections on Repository Universitas Peradaban

UPAYA GURU DALAM PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS 1 SD NEGERI CIOMAS

Puspitasari, Retno (NIM. 40215059 ) (2019) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS 1 SD NEGERI CIOMAS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215059_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215059_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[img] Text
40215059_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
40215059_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text
40215059_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
40215059_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text
4015059_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada peran penting dari rasa percaya diri yang dapat mempengaruhi kesuksesan pembelajaran siswa. Siswa yang memiliki rasa percaya akan lebih ekspresif dan aktif dalam mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Rasa percaya diri yang terbentuk dalam diri siswa tentu tidak lepas dari peran seorang guru dalam proses penanamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan rasa percaya diri siswa kelas 1 SD Negeri Ciomas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan analisis induktif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru menanamkan rasa percaya diri siswa di SD Negeri Ciomas adalah memberikan motivasi kepada siswa, menumbuhkan rasa tanggung jawab, menumbuhkan perasaan mampu, membantu siswa mencapai prestasi belajar, membantu siswa memahami kekurangan diri, membantu siswa bangga akan dirinya. Adapun saran yang perlu diperhatikan yakni perlu adanya perhatian khusus oleh guru kelas dan elemen sekolah lainnya dalam upaya menanamkan rasa percaya diri. Penanaman rasa percaya diri sejak dini ini dimaksudkan agar siswa mampu belajar dan mengembangkan potensinya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWartulas, M.Pd., Sri (NIDN.0625127204)UNSPECIFIED
ExaminerMubarok, M.P.d, M. Shofi (NIDN.0609027301)UNSPECIFIED
ExaminerMukrodin, M.Kom., Mukrodin (NIDN.0610038001)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Upaya Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:51
Last Modified: 05 Dec 2019 02:51
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item