Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Utami, Desi Ugi (NIM.40215076) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215076_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215076_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img] Text
40215076_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
40215076_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text
40215076_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
40215076_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img] Text
40215076_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV dan latihan soal yang diberikan guru tidak menstimulasi siswa agar mampu menyelesaikan soal latihan dengan baik. Lebih lanjut, guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat mencapai KKM, dan 2) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model konvensional siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV A SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SD Negeri Kalierang 01 sebagai kelas konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan klasikal, uji ketuntasan individual, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh 1) kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat mencapai KKM dan 2) rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran dengan model konvensional siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdani, M.Pd., Anwar (NIDN.0619128901)UNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka Farida (NIDN.0606098602)UNSPECIFIED
ExaminerWartulas, M.Pd., Sri (NIDN.0625127204)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kemampuan Komunikasi Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:26
Last Modified: 09 Dec 2019 07:26
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item