Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 04 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pranoto, Diki (NIM. 40215077) (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 04 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215077_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215077_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text
40215077_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
40215077_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text
40215077_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
40215077_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text
40215077_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V SD Negeri Bumiayu 04 Kecamatan Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bumiayu 04. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa kelas V dalam memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ada dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern ini meliputi faktor yang berkaitan dengan ranah kognitif siswa seperti rendahnya kemampuan intelektual siswa dan ranah afektif seperti sikap siswa yang malas, bosan, serta tidak tertarik memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Adapun faktor ekstern ini meliputi lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhiyarusoleh, S.Pd.I., M.Pd., Ujang (NIDN.0606068602)UNSPECIFIED
ExaminerArifin, Lc., MA., Muh. Luqman (NIDN.0607108002)UNSPECIFIED
ExaminerSandi, S.Sn., M.Sn., Noviea Varahdilah (NIDN.0611118702)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: , Kesulitan belajar, Buku Tematik Terpadu, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:27
Last Modified: 09 Dec 2019 07:27
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item