Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA NILAI TES FORMATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI CILIBUR 04 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Akmal, M. Mailan Syaefi (NIM.40215087) (2019) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA NILAI TES FORMATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI CILIBUR 04 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215087_HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215087_BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text
40215087_BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
40215087_BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text
40215087_BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
40215087_BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215087_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text
40215087_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa pada pelajaran matematika terhadap nilai tes formatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika Kelas V SD Negeri Cilibur 04 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Cilibur 04. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika ada dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern ini meliputi faktor yang berkaitan dengan ranah kognitif siswa seperti rendahnya kemampuan intelektual siswa dan ranah afektif seperti sikap siswa yang malas, bosan, serta tidak tertarik padamatapelajaranmatematika. Adapun faktor ekstern ini meliputi lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRifa’I, S.Fil.I.,M.Pd.I., Akhmad (NIDN.0617088002)UNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I., M.Pd., Ujang (NIDN.0606068602)UNSPECIFIED
ExaminerZahro, S.Pd.I., M.Pd.I., Umi Chabibatus (NIDN.0609019001)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, NilaiFormatif, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:20
Last Modified: 10 Dec 2019 03:20
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item