Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PAKUJATI 01 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Khajat, Syaeful (NIM.40215096) (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PAKUJATI 01 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215096_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215096_BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text
40215096_BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
40215096_BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text
40215096_BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
40215096_BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215096_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text
40215096_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan saat peneliti melakukan wawancara, bahwa ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar siswa rendah dalam mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil pembelajaran IPA tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 siswa kelas V SD Negeri Pakujati 01 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan eksperimen, desain Pre-experimental Design, rancangan dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Pakujati 01. Analisis data uji normalitas, uji hipotesis, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini rata-rata hasil penilaian posttest hasil belajar siswa kelas (problem based learning) sebesar 60,30%. Dapat diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, yaitu 34,736>4,82, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi pada penelitian ini terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhiyarusoleh, M.Pd., Ujang (NIDN.0606068602)UNSPECIFIED
ExaminerWartulas, M.Pd., Sri (NIDN.0625127204)UNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., Winarto (NIDN.0612118801)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, dan Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:20
Last Modified: 10 Dec 2019 03:20
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item