Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI WINDUAJI 03 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Septiani, Meli (NIM. 40215090 ) (2019) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI WINDUAJI 03 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215090_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215090_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text
40215090_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
40215090_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img] Text
40215090_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
40215090_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215090_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text
40215090_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (2MB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Dalam Gerakan Literasi Sekolah guru dan orang tua memiliki peran penting dalam mendorong dan mengawasi guna mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan gerakan literasi sekolah adalah SD Negeri Winduaji 03. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam penerapan gerakan literasi di SD Negeri Winduaji 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan juga orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam penerapan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Winduaji 03 adalah sebagai fasilitator, pengarah, evaluator, pegelola kelas dan penasehat. Sedangkan peran orang tua adalah sebagai contoh (teladan), penasehat, dan fasilitator.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYusufi, M.Pd., Adnan (NIDN.0620048601)UNSPECIFIED
ExaminerZahro, M.Pd.I., Umi Chabibatus (NIDN.0609019001)UNSPECIFIED
ExaminerRifa'i, S.Fil.I., M.Pd.I., Akhmad (NIDN.0617088002)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Peran Orang Tua, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:01
Last Modified: 11 Dec 2019 04:01
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item