Labibah, Isti (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40312025_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (222kB) |
|
Text
40312025_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (89kB) |
|
Text
40312025_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (151kB) |
|
Text
40312025_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (462kB) |
|
Text
40312025_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (292kB) |
|
Text
40312025_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (56kB) |
|
Text
40312025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (62kB) |
|
Text
40312025_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Tonjong. Hal ini terlihat dari hasil tes soal investigasi didapatkan bahwa rata-rata nilai matematika masih di bawah standar KKM, dengan standar KKM adalah 72. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model MEA berpendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode MEA berpendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Tonjong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII B dan kelas kontrol VIII C yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,18 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas kontrol yaitu 74,25. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = -37,207+ 1,2618X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar 71,63%. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MEA berpendekatan kontekstual efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, SMP Negeri 3 Tonjong | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2017 11:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2017 11:17 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/70 |
Actions (login required)
View Item |