Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM APLIKASI CHATBOT SEBAGAI HELPDESK OBJEK WISATA DENGAN PERMODELAN SIMPLE REFLEX-AGENT (STUDI KASUS : DESA KARANGBENDA)

Rahayu, Dhawuh (NIM.42315001) (2019) PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM APLIKASI CHATBOT SEBAGAI HELPDESK OBJEK WISATA DENGAN PERMODELAN SIMPLE REFLEX-AGENT (STUDI KASUS : DESA KARANGBENDA). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
42315001_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
42315001_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text
42315001_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
42315001_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text
42315001_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
42315001_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
42315001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img] Text
42315001_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (774kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berbasis komputer yang sangat cepat telah membuat banyak perubahan dalam sendi kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi terkini adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dengan adanya kecerdasan buatan, komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia robot chatting (chatbot). Chatbot adalah program komputer yang dapat melakukan percakapan melalui tulisan. Dalam era globalisasi sekarang ini, aspek kehidupan sehari-hari tak pernah lepas dari penggunaan teknologi informasi, salah satunya dalam aspek pariwisata. Pariwisata yang ada di Desa Karangbenda memiliki potensi yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun pengembangan informasi pariwisata yang ada dirasa kurang efektif dan akurat. Dalam penyampaian informasi masih manual, yaitu dari informasi yang di dengar melalui orang lain. Karena itu, peneliti mencoba mengembangkan aplikasi chatbot sebagai helpdesk dengan pendekatan simple-reflex agent. Dengan aplikasi ini nantinya wisatawan mampu melakukan tanya jawab kepada sistem. Aplikasi ini menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk manusia berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMukrodin, M.Kom, Mukrodin (NIDN. 0610038001)UNSPECIFIED
Thesis advisorSigita H., M.Kom, Rito Cipta (NIDN.0619128301)UNSPECIFIED
ExaminerRayendra TPN, M.Kom, Tezhar (NIDN.0619019201)UNSPECIFIED
ExaminerYudhistira, M.Kom., Yusuf (NIDN.0613128301)UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1 :Mukrodin, M.Kom. Pembimbing 2 : Rito Cipta Sigita H., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: artificial intelligence, chatbot, helpdesk, simple reflex-agent.
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 006-Metode Komputer Tertentu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Sistem Informasi - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 05 Jan 2020 01:50
Last Modified: 05 Jan 2020 01:50
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item