Muzayanti, Yulita (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN LEARNING COMUNITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40312018_Halaman Depan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (481kB) |
|
Text
40312018_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (434kB) |
|
Text
40312018_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (418kB) |
|
Text
40312018_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (411kB) |
|
Text
40312018_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (430kB) |
|
Text
40312018_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (134kB) |
|
Text
40312018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (260kB) |
|
Text
40312018_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity tuntas baik secara individual maupun klasikal, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis kelas yang diberi penerapan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model ekspositori, adanya pengaruh yang positif dari model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Ma’arif NU Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel (probability sampling), terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Data diperoleh dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Data analisis dengan uji ketuntasan individual, uji proporsi, uji beda rata-rata dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada kelas eksperimen tuntas KKM yaitu 78,03 dan lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif matematis kelas kontrol yaitu 74,09, serta ada pengaruh sebesar 84,8% keaktifan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan learning comunity efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif matematis, pendekatan Learning Comunity, model pembelajaran CPS | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2017 15:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2017 15:13 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/75 |
Actions (login required)
View Item |