ZARKASIH, Effendi (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMETIKA SMA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (70kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (61kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Effendi Zarkasih-40316007-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan representasi matematis siswa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian PISA tahun 2019. Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379. Indonesia berada di atas Arab Saudi yang memiliki skor rata-rata 373. Kemudian untuk peringkat satu, masih diduduki China dengan skor rata-rata 591. Lalu untuk kategori kinerja sains, Indonesia berada di peringkat 9 dari bawah (71), yakni dengan rata-rata skor 396 berada di atas Arab Saudi yang memiliki rata-rata skor 386. Peringkat satu diduduki China dengan rata-rata skor 590. Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan dokumen berupa jurnal-jurnal yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: Organize, Synthesis, Identify, dan formulate. Hasil penelitian secara umum diperoleh bahwa model pembelajaran, kecemasan, dan gender berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis. Hal ini terlihat dari penelitian yang telah dilakukan. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis karena siswa berperan aktif di dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran, Kecemasan, Gender | ||||||
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Aritmatika, Hitung Cepat, Logaritma |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:40 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:40 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/802 |
Actions (login required)
View Item |