RAHMAWATI, Ema (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN REVIEW LITERATUR PENELITIAN TERBARU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (479kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.doc - Published Version Download (34kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ema Rahmawati-40316009-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur dan me-review tentang penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan sangat diperlukan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan penggunaan kemampuan pemecahan masalah yang tepat akan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam bidang matematika. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah dengan penerapan model pembelajaran CORE. Penerapan model pembelajaran CORE mengharuskan siswa untuk mengingat konsep lama yang telah dimilikinya ke konsep baru, memahami permasalahan yang disajikan dan menyelesaikannya dengan teman sekelompoknya, selain itu siswa diharuskan untuk membuat kesimpulan sendiri dari permasalahan tersebut dan menjelaskan kembali hasil diskusinya beserta teman sekelompoknya kepada kelompok lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa jurnal-jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dengan cara menganalisis data-data tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu organize, synthesize dan identify. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdapat peningkatan. Hal ini terlihat dari banyaknya jurnal-jurnal dan sumber lainnya yang mendukung terkait penerapan model pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Pemecahan Masalah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2022 06:40 | ||||||
Last Modified: | 06 Aug 2022 06:40 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/806 |
Actions (login required)
View Item |