Search for collections on Repository Universitas Peradaban

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN SELF-CONCEPT MATEMATIKA SISWA

KRISMAYANTIE, Nur Fitria (2020) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN SELF-CONCEPT MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] PDF (COVER)
COVER-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.docx - Published Version

Download (13kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Nur Fitria Krismayantie-40316012-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil pretasi belajar matematika siswa yang dipengaruhi oleh tingginya kecemasan matematika dan rendahnya self-concept matematis siswa. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kecemasan matematika memberikan dampak negatif terhadap diri siswa khususnya prestasi belajar matematikanya, sedangkan self-concept matematis berhubungan sangat berarti dengan pencapaian nilai akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran matematika seperti apa yang dapat mengatasi kecemasan matematika siswa dan model pembelajaran matematika seperti apa yang dapat meningkatkan self-concept matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan dokumen berupa jurnal-jurnal yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: Organize, Synthesis, dan Identify. Hasil penelitian secara umum diperoleh bahwa model pembelajaran matematika yang dapat mengatasi kecemasan matematika adalah model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan self-concept matematika adalah model pembelajaran Accelerated Learning Cycle. Hal ini terlihat banyaknya teori dan penelitian yang mendukung terkait kedua model pembelajaran tersebut dalam mengatasi kecemasan matematika dan meningkatkan self-concept matematis siswa. Dan berdasarkan penelitian model pembelajaran kooperatif memiliki kelebihan yaitu terciptanya interaksi dan ketergantungan positif antar siswa sehingga menjadikan suasana menyenangkan selama proses pembelajaran yang menyebabkan siswa tidak merasa bosan dan cemas selama pembelajaran. Begitu pula kelebihan dari model pembelajaran Accelerated Learning Cycle yaitu memberikan emosi positif dalam diri siswa, menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, dan membantu mengoptimalkan pencapaian prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFASHA, Eka Faridanidn0606098602
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Matematika, Kecemasan Matematika, Self-concept Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 06 Aug 2022 06:40
Last Modified: 06 Aug 2022 06:40
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item