EPRIYANTI, Putri Liza (2020) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI KALIERANG 03 BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (865kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (95kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Putri Liza Epriyanti-40215022-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penyelenggaraan sekolah inklusi dan penerapan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (studi kasus di SD Negeri Kalierang 03). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Kalierang 03 sebagai sekolah inklusi adalah dengan merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna, melaksanakan pembelajaran, serta mengevaluasi pembelajaran. Pada tahap merancang pembelajaran, guru pendamping anak berkebutuhan khusus berupaya membuat rancangan pembelajaran mulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan evaluasi. Rancangan yang dibuat ini tentunya hanrus menyesuaikan dengan kebutuhan setiap anak yang masing-masing memiliki kebutuhan yang bersifat khusus. Adapun pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru pendamping anak berkebutuhan khusus berupaya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat, meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran nantinya bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi di lapangan. Meskipun bersifat fleksibel, guru tetap harus berpedoman pada tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Selanjutnya, pada tahap evaluasi guru berupaya melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai bagian dari implementasi proses pembelajaran di sekolah inklusi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2022 04:03 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2022 04:03 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/886 |
Actions (login required)
View Item |