FARHANAH, Daniatul (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS V SD NEGERI BANGBAYANG 02. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (777kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.doc - Published Version Download (30kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (421kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Daniatul Farhanah-40216010-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bangbayang 02 sulit memahami materi IPS. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan belum menggunakan bahasa yang sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri Bangbayang 02. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan Thiagarajan (1974), yang terdiri dari tahap define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bangbayang 02. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan produk dan analisis isi. Hasil penelitian diperoleh 1) lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan nilai 4,1 dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli media dengan nilai 4 dengan kategori “layak” dan penilaian guru kelas V dengan nilai 4,4 dengan kategori “sangat layak”. 2) lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh hal ini ditunjukkan dari hasil literatur review. Pada produk lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah pada tema peristiwa dala kehidupan kelas V SD Negeri Bangbayang 02 telah dinyatakan layak dan sesuai dengan mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja siswa, pembelajaran berbasis masalah, mata pelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/895 |
Actions (login required)
View Item |