Haqi, Azky Afrighudin Furqon (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS VI SD NEGERI DI DESA RAGATUNJUNG KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40211044_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (275kB) |
|
Text
40211044_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (72kB) |
|
Text
40211044_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (107kB) |
|
Text
40211044_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (112kB) |
|
Text
40211044_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (113kB) |
|
Text
40211044_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (50kB) |
|
Text
40211044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2047. Download (51kB) |
|
Text
40211044_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (584kB) |
Abstract
Motivasi yang ada pada diri seseorang bisa berasal dari diri sendiridan motivasi yang berasal dari luar. Motivasi dari luar bisa berasal dari lingkungan belajar. dalam lingkungan belajar terdapat 3 lingkungan, salah satunya yakni lingkungan keluarga, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri di Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survay Untuk memperoleh data penelitian, peneliti tidak perlu melakukan perlakuan tetapi data diperoleh dari mengedarkan angket terhadap peserta didik, wawancara terhadap guru. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji regresi linier sederhana . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VI SD Negeri Di Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 180 peserta didik. Dengan sampel 96 peserta didik dipilih dengan pertimbangan tertentu,Hasil analisis sederhana diperoleh nilai a=-23.989 dan nilai b=0,502 sehingga persamaan regresinya adalah Y=-23.989+0,502X. Koefisien determinasinya ditunjukkan pada nilai R square yaitu 0,226. Koefisien determinasi tersebut selanjutnya dijadikan persen untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel x terhadap variabel y. Hal ini menunjukkan bahwa 22,6% motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri di Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kaupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 dipengaruhi oleh lingkungan belajar keluarga, sedangkan 77,4% dipengaruhi adanya faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Motivasi | ||||||||||||
Subjects: | ?? D051 ?? | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2017 11:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Apr 2017 11:00 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/93 |
Actions (login required)
View Item |