AMAIYANI, Nofal Ida (2020) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI CIHONJE 03. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (686kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (277kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (443kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Nofal Ida Amaiyani-40216043-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran tematik dan kurangnya perhatian guru terhadap gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan keterampilan berpikir kritis berdasarkan gaya belajar siswa pada proses pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cihonje 03. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V. Data yang dimbil adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara, soal angket atau kuesioner sedangkan data sekunder berupa literatur jurnal. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Tahap analisis data mencakup reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki mempunyai keterampilan berpikir kritis yang lebih baik daripada siswa perempuan. Siswa dengan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik mempunyai keterampilan berpikir kritis yang berbeda-beda. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat dikatakan memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya belajar visual. Melalui hasil penelitian yang telah dilakukan, keterampilan berpikir kritis siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah cara guru dalam menyampaikan pembelajaran, gaya belajar siswa dan jenis kelamin atau gender.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis, Gaya belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2022 05:51 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 05:51 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
View Item |