NOVIYANTI, Nur Indah (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (20kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (40kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Nur Indah Noviyanti-40216044-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis story telling dan apakah bahan ajar tersebut dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bumiayu.. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan produk dan analisis. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis storytelling untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar melalui model pengembangan Thiagarajan dengan empat langkah, yaitu Define dengan menganalisis kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa, Design dengan merancang bahan ajar berbasis storytelling, Development dengan melakukan validasi produk dan studi literature terhadap penelitian terdahulu yang berkaitan dengan story telling, dan Dissemination dengan menyebarluaskan bahan ajar berbasis story telling untuk digunakan sebagimana mestinya. Lebih lanjut, bahan ajar berbasis story telling dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Muhammadiyah Bumiayu berdasarkan studi literature terhadap penelitian terdahulu yang berkaitan dengan story telling.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Storytelling | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2022 02:18 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2022 02:18 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/939 |
Actions (login required)
View Item |