HARNINGSIH, Suci (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN UNTUK SISWA KELAS V SD N PASIRAMAN KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (597kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Updated Version Download (98kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Suci Harningsih-40216059-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terbatasnya media pembelajaran khususunya pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Pasiraman Kidul. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa LKS STEM dan mengetahui kelayakan serta efektivitas penggunaan LKS dengan Pendekatan STEM untuk siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 24 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan Uji T Sample Berpasangan (Paired Samples T Test). Hasil penelitian diperoleh (1) LKS dengan pendekatan STEM layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media dengan nilai 3,33 yang termasuk dalam kategori baik, hasil validasi materi memperoleh nilai 4,10 dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba terbatas dengan nilai 4,15 dengan kategori sangat baik. (2) LKS dengan pendekatan STEM memiliki pengaruh ditunjukan dengan hasil literature review. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya dapat lebih mengembangkan LKS dengan pendekatan yang lain terutama untuk siswa SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKS STEM | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:05 | ||||||
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:05 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/959 |
Actions (login required)
View Item |