KISWARY, Witriani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (812kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan karena dianggap paling sulit ini menyebabkan ada beberapa materi yang sukar untuk dipahami siswa. Tidak tersedianya media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman siswa yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Padahal dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam belajar. Rumusan masalah mencakup bagaimana kelayakan media dan apakah terdapat peningkatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa materi bangun ruang kelas V. Metode penelitian ini menggunakan penelitian R&D, dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi ahli, literatur review dan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil validasi dari tiga dosen ahli di peroleh bahwa produk media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika ini masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,65. Setelah peneliti melakukan revisi, kemudian peneliti melakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas V SDN Pagojengan 02 yang berjumlah 5 siswa. Hasil uji coba produk yang peneliti kembangkan memperoleh skor 185 dengan rata-rata 3,7 yang masuk pada kategori baik. Berdasarkan penilaian ahli media, materi, bahasa dan komentar siswa peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika materi bangun ruang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | scratch, media, etnomatematika | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:28 | ||||||
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:28 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |