Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

KISWARY, Witriani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Witriani Kiswary-40216066-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan karena dianggap paling sulit ini menyebabkan ada beberapa materi yang sukar untuk dipahami siswa. Tidak tersedianya media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman siswa yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Padahal dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam belajar. Rumusan masalah mencakup bagaimana kelayakan media dan apakah terdapat peningkatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa materi bangun ruang kelas V. Metode penelitian ini menggunakan penelitian R&D, dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi ahli, literatur review dan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil validasi dari tiga dosen ahli di peroleh bahwa produk media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika ini masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,65. Setelah peneliti melakukan revisi, kemudian peneliti melakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas V SDN Pagojengan 02 yang berjumlah 5 siswa. Hasil uji coba produk yang peneliti kembangkan memperoleh skor 185 dengan rata-rata 3,7 yang masuk pada kategori baik. Berdasarkan penilaian ahli media, materi, bahasa dan komentar siswa peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran scratch berbasis etnomatematika materi bangun ruang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN0619128901
Uncontrolled Keywords: scratch, media, etnomatematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:28
Last Modified: 15 Sep 2022 01:28
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item