Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN TEILEREN DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV MI DI KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES

RAMADHANTI, Ayuni Dwi (2021) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN TEILEREN DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV MI DI KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (919kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.doc - Published Version

Download (35kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Ayuni Dwi Ramadhanti-40214088-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, diperoleh informasi hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas IV di MI Munawirussibyan Temukerep tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Teileren dan Demonstrasi siswa kelas IV di MI Munawirussibyan Temukerep dan sebagai pembanding yaitu MI Ta’allamusibyan Sitanggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode Solomon Four Group Desain. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 77 siswa. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS versi-16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 1 (E.1) sebesar 68% dan kelas kontrol 1 (K.1) sebesar 62,05%. Uji nomalitas dan homogenitas kelompok data pretest dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk hasil posttest diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 (E.1) sebesar 78,1%; kelas kontrol 1 (K.1) sebesar 67%; kelas eksperimen 2 (E.2) sebesar 68%; dan kelas kontrol 2 (K.2) sebesar 54%. Uji nomalitas dan homogenitas seluruh kelompok data posttest dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t kelas eksperimen 1 (E.1) dan kelas kontrol 1 (K.1) didapatkan t hitung sebesar 2,557 dengan t tabel 2,022 dan nilai signifikansi 0,015.Jadi,t hitung > t tabel (2,557 > 2,022) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (0,015 < 0,05). Selanjutnya, kelas eksperimen 2 (E.2) dan kelas kontrol 2 (K.2) didapatkan t hitung sebesar 2,739 dengan t tabel 2,032 dan nilai signifikansi 0,010. Jadi, t hitung> t tabel(2,557 > 2,022) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (0,015 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Teileren dengan yang menggunakan Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi Chabibatusnidn0609019001
Uncontrolled Keywords: Solomon four group, Teileren, demonstrasi, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 18 Sep 2022 04:28
Last Modified: 18 Sep 2022 04:28
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item