Search for collections on Repository Universitas Peradaban

KENDALA ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

AMALIA, Rizka (2021) KENDALA ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.doc - Published Version

Download (26kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan budaya pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka kini beralih menjadi pembelajaran daring, dalam pembelajaran daring maka orang tua berperan sebagai pendamping dalam kegiatan belajar anak tetapi kenyataan di lapangan pendampingan belajar daring mengalami berbagai kendala yang menyebabkan banyaknya orang tua yang mengeluh dan meminta kepada pihak sekolah untuk dilakukan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua siswa kelas IV. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala orang tua mendampingi anak belajar daring dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal lebih banyak dibandingkan faktor eksternal. Kesimpulannya yaitu kendala internal meliputi karakteristik, minat, kecakapan, pengalaman, sikap, motivasi, konsentrasi, kecerdasan serta kesiapam fisik dan mental. Kendala eksternal meliputi kesibukan untuk bekerja, lingkungan, masyarakat, kurikulum, media, pembiayaan, sarana prasarana. Saran diajukan kepada orang tua hendaknya selalu meluangkan waktu mendampingi anak belajar daring.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN0619128901
Uncontrolled Keywords: Kendala Orang Tua, Belajar Daring
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Sosiologi Pendidikan; Pendidikan dalam keluarga
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:53
Last Modified: 05 Oct 2022 02:53
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item