AMALIA, Rizka (2021) KENDALA ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (913kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.doc - Published Version Download (26kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rizka Amalia-40217047-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan budaya pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka kini beralih menjadi pembelajaran daring, dalam pembelajaran daring maka orang tua berperan sebagai pendamping dalam kegiatan belajar anak tetapi kenyataan di lapangan pendampingan belajar daring mengalami berbagai kendala yang menyebabkan banyaknya orang tua yang mengeluh dan meminta kepada pihak sekolah untuk dilakukan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua siswa kelas IV. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala orang tua mendampingi anak belajar daring dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal lebih banyak dibandingkan faktor eksternal. Kesimpulannya yaitu kendala internal meliputi karakteristik, minat, kecakapan, pengalaman, sikap, motivasi, konsentrasi, kecerdasan serta kesiapam fisik dan mental. Kendala eksternal meliputi kesibukan untuk bekerja, lingkungan, masyarakat, kurikulum, media, pembiayaan, sarana prasarana. Saran diajukan kepada orang tua hendaknya selalu meluangkan waktu mendampingi anak belajar daring.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kendala Orang Tua, Belajar Daring | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Sosiologi Pendidikan; Pendidikan dalam keluarga 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:53 | ||||||
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:53 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1032 |
Actions (login required)
View Item |