Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 DI SDN 1 LUMBIR DAN SDN 4 LUMBIR

ROSITASARI, Diana (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 DI SDN 1 LUMBIR DAN SDN 4 LUMBIR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version

Download (8kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (199kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (166kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DIANA ROSITASARI-40218017-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas 3 SDN 1 Lumbir dan SDN 4 Lumbir dalam pembelajaran tematik mengalami kesulitan belajar terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas 3 di SDN 1 Lumbir dan SDN 4 Lumbir dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas 3 SDN 1 Lumbir dan SDN 4 Lumbir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa erencanaan pembelajaran tematik di kelas 3 SDN 1 Lumbir dan SDN 4 Lumbir sudah menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran tematik melakukan penjabaran SK dan KD, menentukan tema yang sesuai dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa, menyusun program semester, menyusun silabus, dan menyusun RPP. Sedangkan untuk tahap pelaksanaan guru kurang memahami konsep penggunaan tematik dan juga kurangnya penyediaan sarana dan prasarana seperti media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran tematik. Penilaian pembelajaran tematik di kelas 3 SDN 1 Lumbir dan kelas 3 SDN 4 Lumbir dilakukan dengan penskoran, proses, dan penilaian sikap. Dan untuk penilaian atau konsep, semua guru menerapkannya di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi ChabibatusNIDN069019001
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, pelaksanaan, penilaian
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:30
Last Modified: 14 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item