Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERAN PUBLIC RELATIONS PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DALAM MENINGKATKAN CITRA AGROWISATA KEBUN KALIGUA

FALAH, M. Ivan Nur (2022) PERAN PUBLIC RELATIONS PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX DALAM MENINGKATKAN CITRA AGROWISATA KEBUN KALIGUA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. Ivan Nur Falah-43217018-Skripsi-2022.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-M. Ivan Nur Falah-Skripsi-2022.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-M. Ivan Nur Falah-43217018-SKRIPSI-2022 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menggambarkan mengenai bagaimana peran Public Relations PT. Perkebunan Nusantara IX dalam meningkatkan citra Agrowisata Kebun Kaligua. Sebagai salah satu obyek wisata yang memiliki berbagai fasilitas dan sebagai wisata edukasi khususnya di bidang pertanian, hal ini perlu mendapatkan perhatian dalam usaha pengembangannya yaitu dengan mengoptimalkan peran Public Relations apakah citra yang ada tentang agrowisata yang sedang dikelola meningkat atau justru telah mengalami penurunan citra. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini, mengacu dari teori Public Relations, yaitu Peran Public Relation yang terdiri dari 4 peran: Expert Prescriber (Penasehat Ahli), Facilitator Communication (Komunikasi Fasilitator), Problem Solving Process Fasilitator (Fasilitator Proses Pemecahan Masalah) dan Communication Technician (Teknisi Komunikasi). Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan metode wawancara atau interview, observasi atau pengamatan, dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel mengguanakan purposive sample, dengan memilih informan atau narasumber yang dianggap mampu mewakili informasi secara keseluruhan. Pengumpulan data primer sekunder dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peran Public Relation di Agrowisata Kebun Kaligua. Data primer dan sekunder kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dari 4 peran Public Relations yang ada, Agrowisata Kebun Kaligua Melaksanakan 4 peran Public Relation dalam meningkatkan citra perusahaan. Agrowisata Kebun kaligua melakukan Peran Public Relations sebagai Penasehat Ahli dilaksanakan dalam kegiatan memotivasi, mengarahkan, mengevasuali hingga membantu memecahkan masalah dengan memberikan masukan dan saran. Peran Facilitator Komunikasi Fasilitator dengan publikasi, promosi, menggelar events dan memanfaatkan berbagai media untuk komunikasi dengan publiknya. Peran Fasilitator Proses Pemecahan Masalah, Agrowisata Kebun Kaligua menyediakan layanan customer service online dan kotak saran yang tersedia di halaman web link,ree Agrowisata, dalam membantu menyelesaikan keluhan publiknya. Kemudian dalam peran Teknisi Komunikasi, dengan merencanakan seluruh rangkaian kegiatan komunikasi, baik komunikasi atasan ke bawahan, maupun bawahan ke atasan, termasuk juga komunikasi keluar dengan perusahaan yang tertuang dalam program kegiatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANIS, AswharNIDN0607088201
Uncontrolled Keywords: Agrowisata, Peranan Public Relations, Citra
Subjects: 600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1
Depositing User: Sania prakerin
Date Deposited: 07 Jan 2023 02:07
Last Modified: 07 Jan 2023 02:07
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item