Search for collections on Repository Universitas Peradaban

KOHESI LEKSIKAL DAN KOHESI GRAMATIKAL WACANA IKLAN ADVERTORIAL DAN IKLAN DISPLAY DALAM SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA EDISI JANUARI 2022

JABAH, Ismi (2022) KOHESI LEKSIKAL DAN KOHESI GRAMATIKAL WACANA IKLAN ADVERTORIAL DAN IKLAN DISPLAY DALAM SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA EDISI JANUARI 2022. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.docx - Published Version

Download (13kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ISMI JABAH-40418031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial dan iklan display dalam surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis berupa satuan kata, frasa, klausa dan kalimat yang mengandung bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial dan iklan display. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Bentuk penggunaan kohesi leksikal ditemukan sebanyak 83 iklan dan kohesi gramatikal ditemukan sebanyak 42 iklan yang memuat iklan advertorial dan iklan display. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik baca, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dilakukan yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini terdapat bentuk penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal. Pertama, bentuk penggunaan kohesi leksikal wacana iklan advertorial yang meliputi repetisi, sinonim, antonim, dan hiponimi sedangkan iklan display yang meliputi repetisi, sinonim, antonim, hiponimi, kolokasi, dan ekuivalensi. Kedua, bentuk penggunaan kohesi gramatikal wacana iklan advertorial yang meliputi referensi dan konjungsi sedangkan iklan display yang meliputi referensi, elipsis, dan konjungsi. Bentuk penggunaan ini menunjukkan bahwa dalam iklan tersebut terdapat keserasian dan kepaduan antarbagian kalimat secara kohesif. Tujuan bentuk penggunaan dalam iklan ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMULASIH, MulasihNIDN0606068803
Uncontrolled Keywords: leksikal, gramatikal, iklan advertorial, iklan display
Subjects: 600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 659 Periklanan; Hubungan Masyarakat / Public Relation
400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S1
Depositing User: Sania prakerin
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:30
Last Modified: 11 Jan 2023 03:30
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item