Search for collections on Repository Universitas Peradaban

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KALIERANG 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

NM, Diah Ayu (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KALIERANG 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (483kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version

Download (15kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-20222 (1).pdf - Accepted Version

Download (311kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (299kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL- DIAH AYU NM-40218061-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian di SDN Kalierang 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa pelajaran PPKn merupakan permasalahan yang terdapat pada Sekolah Dasar, karena pembelajaran yang diterapkan belum optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Kalierang 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kalierang 01. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 50 siswa Kelas IVA sejumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan pada kelas IVB sejumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest, perlakuan dan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis terlihat nilai signifikansi 0,265> 0,05, selain itu nilai thitung sebesar 2,746> ttabel 2,011. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUBAROK, Muhamad ShofiNIDN0609027301
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar siswa Pelajaran PPKn; model TGT
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:17
Last Modified: 18 Jan 2023 04:17
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item