NISA, Izzatun (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING SYSTEM (OLS) BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (10kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (99kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (63kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARATIKEL)
ARTIKEL-IZATUN NISA-40218067-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN Wanatirta 02 dan SDN Wanatirta 04. Hal ini perlu dikembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis outdoor learning system berbantuan media benda konkret dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dan dalam penerapan model pembelajaran CTL berbasis outdoor learning system berbantuan media benda konkret dapat meningkatkan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini kuantitatif Quasi Experimental. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisi menggunkan uji T sampel independent dan uji one sampel. Hasil penelitian ini menunjukan diperoleh Thitung > Ttabel yaitu, 14, 085 > 1,997 maka Ho diterima. Uji yang ke dua diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 10,727 > 2,045 maka Ho diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar ipa yang diajarkan model pembelajaran CTL berbasis OLS berbantuan media benda konkret lebih baik dan dapat tuntas secara KKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran CTL, Outdoor Learning system, Media benda Konkret, Hasil Belajar IPA | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:23 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:23 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
View Item |