RAHMAWATI, Rafika (2023) DIALEKTIKA RELASIONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (COVER)
COVER-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (8MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (605kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (688kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN -RAFIKA R-43219008-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbelakangan mental. Tidak mampu hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain. Membutuhkan pelayanan khusus dalam meniti perkembangan kehidupannya sehari-hari, termasuk dalam membimbing dan melatih perkembangan minat dan bakat. Anak tunagrahita membutuhkan peran serta guru dalam mengembangkan kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dialektika relasional guru terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam meningkatkan kreativitas di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk pengambilan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini memperhatikan 4 aspek dalam dialektika relasional yaitu, totalitas, kontradiksi, pergerakan, dan praksis.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa upaya guru untuk memberikan kesanbaik bagi anak tunagrahita agar dapat berkomunikasi. Kemudian dengan kedekatan yang terjalin, siswa tunagrahita memiliki ketergantungan. Kontradiksi dialektika yang terjadi antara guru dan siswa tunagrahita juga timbul dengan berbagai macam konflik hubungan interpersonal. Namun, konsistensi arahan guru berhasil membuat siswa tunagrahita secara perlahan mengerjakan beberapa hal kecil . Di sisi lain, kesabaran dan arahan dari guru saat menghadapi siswa tunagrahita juga diarahkan untuk mengurangi rasa ketergantungan siswa tunagrahita. Semua upaya itu menunjukkan hasil yang baik. Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati lebih menekankan dan mengutamakan keterampilan bagi anak didiknya, agar nantinya anak tunagrahita mampu hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain.
Actions (login required)
View Item |