Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SNAKE AND LADDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N KALIERANG 01

KHOLIFAH, Siti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SNAKE AND LADDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N KALIERANG 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (30kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB_I-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SITI_KHOLIFAH-40219074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan di SD N kalierang 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media permainan snake and ladder terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas V SD N Kalierang 01. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group. Populasi siswa kelas V SD N Kalierang 01, sampel penelitiannya siswa kelas VA dan VB. Teknik pengambilan data menggunakan soal tes uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t independent dan uji regresi linear sederhana. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukan nilai sig. 0,231 dengan nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,010 dan 0,012 yang artinya < 0,05 maka dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukan nilai R square sebesar 0,684 atau 68,4% artinya besar pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan permainan snake and ladder terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika adalah 68,4% sedangkan 31,6% dipengaruhi faktor luar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media permainan snake and ladder terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas V SD N Kalierang 01.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUPRAPTO, YuniNIDN 0626068702
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, model pembelajaran CPS, snake and ladder
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:16
Last Modified: 09 Jan 2024 07:16
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item