Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI KELAS III SDN BUNIWAH 03

Permatasari, Intan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI KELAS III SDN BUNIWAH 03. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213015_Halaman Awal.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (692kB)
[img] Text
40213015_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (94kB)
[img] Text
40213015_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
40213015_BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
40213015_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (357kB)
[img] Text
40213015_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (86kB)
[img] Text
40213015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (93kB)
[img] Text
40213015_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (3MB)
[img] Text
40213015_Artikel.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (427kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Buniwah 03. Kemampuan memahami konsep merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan pembelajaran. Penggunaan berbagai model dalam pembelajaran merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan yang optimal. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar dan pengaruh positif model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar . penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya perlakuan rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 55.83 dan sesudah diberi perlakuan dengan model picture and picture siswa memperoleh nilai rata-rata 79.16. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi ŷ = 10,619 + 1,009x. Karena r hitung > r tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 76,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture. Berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerZahro, M.Pd.I., Umi ChabibatusUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusholeh, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 23 Jul 2017 11:38
Last Modified: 23 Jul 2017 11:38
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item