Permatasari, Intan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI KELAS III SDN BUNIWAH 03. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213015_Halaman Awal.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (692kB) |
||
Text
40213015_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (94kB) |
||
Text
40213015_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (170kB) |
||
|
Text
40213015_BAB III.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text
40213015_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (357kB) |
||
Text
40213015_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (86kB) |
||
Text
40213015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (93kB) |
||
Text
40213015_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (3MB) |
||
Text
40213015_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (427kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Buniwah 03. Kemampuan memahami konsep merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan pembelajaran. Penggunaan berbagai model dalam pembelajaran merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan yang optimal. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar dan pengaruh positif model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar . penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya perlakuan rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 55.83 dan sesudah diberi perlakuan dengan model picture and picture siswa memperoleh nilai rata-rata 79.16. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi ŷ = 10,619 + 1,009x. Karena r hitung > r tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 76,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture. Berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA | |||||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | |||||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | |||||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2017 11:38 | |||||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2017 11:38 | |||||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
View Item |