Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Aolia, Titis Ati Latifah (2017) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313031_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (61kB)
[img] Text
40313031_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until April 2020.

Download (34kB)
[img] Text
40313031_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (52kB)
[img] Text
40313031_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (85kB)
[img] Text
40313031_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (392kB)
[img] Text
40313031_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (16kB)
[img] Text
40313031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (12kB)
[img] Text
40313031_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (11MB)
[img] Text
40313031_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mndeskripsikan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada trigonometri ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Kemampuan siswa dibagi menjadi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman yang digunakan dalam penelitian ini menganut indikator menurut ruseffendy yaitu pemahaman translasi, pemahaman interpolasi, pmahaman ekstrapolasi. Setelah dilakukan tes, siswa diberikan angket untuk menentukan gaya kognitif dan melakukan wawancara gaya kognitif kepada semua siswa kelas X-1. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa yaitu 6 siswa FI dan 6 siswa FD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa dengan gaya kognitif field independent hanya mencapai indikator translasi dan interpolasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lemah dalam pemahaman ekstrapolasi. Untuk siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mencapai indikator interpolasi, menunjukkan bahwa siswa lemah dalam pemahaman translasi dan ekstrapolasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I.,M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita, Trigonometri, Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 08 Apr 2018 13:58
Last Modified: 08 Apr 2018 13:58
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item