Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI DESA SINDANGWANGI KECAMATAN BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Soraya, Ayu (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI DESA SINDANGWANGI KECAMATAN BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214004_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
40214004_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text
40214004_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
40214004_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (249kB)
[img] Text
40214004_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text
40214004_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
40214004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text
40214004_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri se_Desa Sindangwangi memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu, ditemukan pula dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, seperi media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatiftipe TPS berbantuan media PowerPoint terhadap basil belajar IP A siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperirnen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Sindangwangi 02 dan SD Negeri Sindangwangi 03 yang berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji norrnalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh I hitung sebesar 2,848 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 maka diperoleh t tabe1 2,449 sehingga I hitung > I tabel- Jadi Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model TPS berbantuan media PowerPoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terbadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Kecarnatan Bantarkawung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdani, AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Media PowerPoint, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 23 Dec 2018 04:15
Last Modified: 23 Dec 2018 04:15
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item