Purnomo, Agus (NIM.40214043) (2019) PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KEDUNGGEDE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214043_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
40214043_BAB I.pdf - Accepted Version Download (131kB) | Preview |
|
Text
40214043_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (183kB) |
||
|
Text
40214043_BAB III.pdf - Accepted Version Download (133kB) | Preview |
|
Text
40214043_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (185kB) |
||
|
Text
40214043_BAB V.pdf - Accepted Version Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
40214043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
40214043_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini ditemukan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa masih rendah, terutama pada pembelajaran IPA. Selain itu, ditemukan pula dalam pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Desa Kedunggede. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 02 Kedunggede sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020, dan 2) terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Kedunggede Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model outdoor learning, hasil belajar kognitif, motivasi belajar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2019 04:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2019 04:24 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/523 |
Actions (login required)
View Item |