Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 1 PURWOJATI) KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Prihastuti, Ika Nur (NIM40315005) (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 1 PURWOJATI) KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universoitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40315005_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40315005_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text
40315005_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
40315005_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img] Text
40315005_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
40315005_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40315005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text
40315005_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran matematika masih dianggap sulit oleh sebagian siswa, sehingga masih banyak siswa yang masih kurang memahami konsep dengan benar. Di samping itu, dalam proses mengajar strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika mayoritas masih menggunakan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa jenuh dan kurang semangat. Hal ini dapat mengakibatkan hasil belajar matematika siswa kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu digunakan strategi yang dapat memotivasi siswa, dan membangkitkan semangat siswa, serta membuat siswa menjadi aktif dan kreatif yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan TGT (Team Game Turnamen). Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Turnament (TGT) apakah akan lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan Team Games Turnament (TGT) siswa dapat mencapai KKM. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5-8 orang yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwojati tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 221 siswa. Dari tujuh kelas yang ada, secara acak dipilih tiga kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII E yang diberi perlakuan sebagai kelas jigsaw, kelas VII F sebagai kelas konvensional dan VII G sebagai kelas TGT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwojati yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan TGT lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. 2) Hasil belajar matematika siswa dalam materi penyajian data siswa dapat mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si, M.Pd., Eka Farida (NIDN.0606098602)UNSPECIFIED
ExaminerNurdiawati, M.Pd., Dede (NIDN.0607038104)UNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri Rizka (NIDN.0606059001)UNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd., Dian (NIDN.0602108104)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Jigsaw, Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 16 Nov 2019 04:26
Last Modified: 16 Nov 2019 04:26
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item