Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS

Diyan, Riyana (NIM.40315002) (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40315002_Halaman awal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat kepercayaan diri, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa dapat melampaui KKM, adanya peningkatan kepercayaan diri siswa dan motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Pendekatan yang digunakam adalah pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang ditentukan melalui Sample Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, dan uji paired sample T-test. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa telah melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 90,6%. Hasil analisis angket kepercayaan diri diperoleh rata-rata kepercayaan diri awal 81,06 dan rata-rata kepercayaan diri akhir 86,09. Maka H1 diterima. Hal ini berarti terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa setelah menggunakan pembelajaran RME. Sementara itu, hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata kepercayaan diri awal 95,47 dan rata-rata kepercayaan diri akhir 100. Maka H1 diterima. Hal ini berarti terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran RME. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka Farida (NIDN.0606098602)UNSPECIFIED
ExaminerNurdiawati, M.Pd., Dede (NIDN.0607038104)UNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri Rizka (NIDN.0606059001)UNSPECIFIED
ExaminerWidodo, M.Pd., An Nur Ami (NIDN.0622058703)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME), Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 30 Nov 2019 07:26
Last Modified: 30 Nov 2019 07:26
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item