Wahyuni, Khikmatul Khoeri (NIM.40215084) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215084_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215084_BAB I.pdf - Accepted Version Download (80kB) | Preview |
|
Text
40215084_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (135kB) |
||
|
Text
40215084_BAB III.pdf - Accepted Version Download (350kB) | Preview |
|
Text
40215084_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (307kB) |
||
|
Text
40215084_BAB V.pdf - Accepted Version Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
40215084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (82kB) | Preview |
|
Text
40215084_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (525kB) |
Abstract
Keterampilan proses siswa di SD N 1 Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses mata pelajaran IPA ditinjau dari ketuntasan klasikal dan ketuntasan individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan Quasi-experimental Design dengan model Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan jumlah sampel 56 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis, uji ketuntasan belajar individual dan uji ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk uji T yaitu sebesar 13,318 > 2,397, uji ketuntasan klasikal sebesar 3,312 ≥ 0,45 dan uji ketuntasan individual sebesar 14,785 > 1,701. Kesimpulannya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keterampilan proses siswa kelas V Sekolah Dasar. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya lebih dapat mengembangkan model-model pembelajaran sebagi variasi dalam kegiatan pembelajaran terutama yang dapat mengembangkan aspek keterampilan siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/628 |
Actions (login required)
View Item |