Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT BERBANTUAN MEDIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI SE DESA WANATIRTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Agustia, Viara Ilma (NIM.40215066) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT BERBANTUAN MEDIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI SE DESA WANATIRTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215066_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215066_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img] Text
40215066_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
40215066_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text
40215066_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
40215066_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img] Text
40215066_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah, terutama mengenai kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, ditemukan pula dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, seperi media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP berbantuan media 3D dapat mencapai KKM dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MMP berbantuan media 3D lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Wanatirta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Wanatirta 04 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Wanatirta 02 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh 1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP berbantuan media 3D dapat mencapai KKM dan 2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project berbantuan media 3D lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontrol siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Wanatirta Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdani, M.Pd., Anwar (NIDN.0619128901)UNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri Rizka (NIDN.0606059001)UNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd., Dian (NIDN.0602108104)UNSPECIFIED
Additional Information: Dosen Pembimbing : Anwar Ardani, M.Pd. (NIDN.0619128901)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Missouri Mathematic Project, Media 3D, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:49
Last Modified: 02 Jan 2020 06:49
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item