PRADANA, M. Alfaridzy Bangkit (2020) PENERAPAN TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (849kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-M. Alfaridzy Bangkit Pradana-40316011-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan penggunaan model pembelajaran berbasis teori dienes, mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis teori dienes lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional, serta mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Subjek data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Putra Bangsa Bantarkawung. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis teori dienes dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Sebelum diberi perlakuan pembelajaran, pada kedua kelompok terlebih dahulu dilakukan analisis data awal. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan menggunakan uji-F, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis data akhir, bahwa secara klasikal ketuntasan belajar kelompok eksperimen mencapai 87,5%. Dan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung: 0,059 < 0,063: sehingga Ho diterima, artinya nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis teori dienes lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh 〖r 〗_XY = 0,684 dengan r(0,01;32) = 0,449; r(0,05;32) = 0,349; dan r_XY^2 = 46,74% sehingga diperoleh persamaan regresi . Karena rhitung > rtabel maka terdapat hubungan yang positif sebesar 0,684 dan besar kontribusi aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 46,74%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis teori dienes efektif. Dari penelitian ini diharapkan model pembelajaran berbasis teori dienes dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, pengelolaan kelas harus lebih diperhatikan pada saat pelaksanaan model pembelajaran berbasis teori dienes, terlebih pada saat berdiskusi agar tidak menimbulkan kegaduhan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Teori Dienes, Hasil Belajar Matematika | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2022 06:39 | ||||||
Last Modified: | 06 Aug 2022 06:39 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/811 |
Actions (login required)
View Item |