FIKRI, Ade Faisal (2020) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PPKN KELAS III SD. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (991kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ade Faisal Fikri-40216001-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
LKS merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru kelas III SD Negeri Sindangwangi 02 menunjukkan bahwa LKS yang digunakan masih sederhana, kurang menarik dan tidak kontekstual sesuai realita kehidupan sosial dan budaya siswa, sehingga menyebabkan kerjasama dan hasil belajar siswa menjadi rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh LKS berbasis kearifan lokal permainan tradisional Sunda untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). LKS ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar wawancara, angket kerjasama dan angket hasil belajar siswa. Hasil validasi ahli materi mendapat nilai rata-rata sebesar 80 % dengan kriteria sangat baik, penilaian validasi ahli media mendapat 96% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | LKS, Kerjasama, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2022 04:03 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2022 04:03 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/888 |
Actions (login required)
View Item |