WIDYASTUTI, Linda (2020) GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI AKADEMIK BEDASARKAN GENDER PADA KELAS V SD NEGERI KARANGSARI WLAHAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (12kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Linda Widyastuti-40216033-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bkarakteristik gaya belajar yang berbeda pada peserta didik akademik. Penelitian ini bertujuan mendeskrepsikan gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik kelas V di SD Negeri Karangsari Wlahar. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa berprestasi akademik kelas V. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini memakai teknik analisis data Milles dan Huberman. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan, reduksi, men-display, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan gaya belajar peserta didik berprestasi akademik pada kelas V di SD Negeri Karangsari Wlahar merupakan Kombinasi dari gaya belajar vak. Cenderung gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik berbeda-beda. siswa dengan peringkat 1 lebih gaya belajar visual. Siswa dengan peringkat 2 lebih pada gaya belajar auditori, dan siswa pada peringkat 3 lebih pada gaya belajar kinestetik dan siswa lainnya tidak memiliki gaya belajar yang dominan. Dari siswa kelas V berprestasi yang menjadi subjek penelitian, tidak ada satu gaya belajar dominan yang digunakan oleh siswa berprestasi akademik. Sehingga dalam penelitian ini menyatakan bahwa gaya belajar bukanlah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Terdapat faktor lain yang mempengaruhinya yaitu: dorongan dari orang tua, metode mengajar guru, lingkungan belajar siswa dan minat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar, Prestasi akademik, Peserta didik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:02 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:02 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/928 |
Actions (login required)
View Item |