Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM POSING BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

SARI, Dwi Puspita (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM POSING BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI PUSPITA SARI-40317019-SKRIPSI-2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model R&D yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media, wawancara, dan lembar kepraktisan produk. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dinyatakan melalui pengujian para ahli, respon guru dan respon siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFASHA, Eka Faridanidn0606098602
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Problem Posing, Superitem, Terbimbing.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:32
Last Modified: 26 Sep 2022 01:32
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item