WULANDARI, Mega (2022) PENILAIAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI CIDADAP 02 DI MASA PANDEMI COVID-19. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (11kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (80kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (26kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-MEGA WULANDARI-40217008-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya mengatasi hambatan penilaian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19 dapat dilakukan menggunakan tes objektif dan tes subjektif melalui berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Kahoot, Google Form, dan Ruang Belajar SD. Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian berkaitan dengan faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian tersebut terbagi menjadi dua, yaitu 1) faktor fisiologi yang berupa kondisi fisik guru dan/atau siswa, serta 2) faktor psikologi yang berkaitan dengan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19. Faktor eksternal yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19 terbagi menjadi dua, yaitu 1) faktor non sosial yang berkaitan dengan ketersediaan fasilitas belajar, serta 2) faktor sosial yang berkaitan dengan dukungan orang tua siswa dalam penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19. Upaya mengatasi hambatan yang bersifat internal berkaitan dengan 1) aspek fisiologi seperti dengan meningkatkan kondisi fisik guru dan siswa, dan 2) aspek psikologi seperti dengan meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengikuti penilaian tersebut, sedangkan solusi yang bersifat eksternal berkaitan dengan 1) aspek non sosial seperti meningkatkan fasilitas belajar siswa, dan 2) aspek sosial seperti meningkatkan partisipasi orang tua dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar aspek kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan siswa kelas V SD Negeri Cidadap 02 di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | penilaian, hasil belajar, masa pandemi covid-19 | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:05 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:05 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1118 |
Actions (login required)
View Item |