PANGESTU, May Dina (2022) KESULITAN PEMBELAJARAN DARING DALAM TEMA 3 MAKANAN SEHAT SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KARANGKEMOJING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (696kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.doc - Accepted Version Download (34kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (33kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MAY DINA PANGESTU-40217009-2022.pdf - Accepted Version Download (23kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MAY DINA PANGESTU-40217009-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya guru yang mengalami kesulitan ketika melaksanakan pembelajaran daring tema 3 Makanan Sehat siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, apa saja kesulitan yang dihadapi, dan upaya untuk mengatasi kesulitan pembelajaran daring tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, pembelajaran daring dalam Tema 3 Makanan Sehat Kelas V di SD Negeri 3 Karangkemojing diawali dengan tahapan membuat perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran daring, dan tindak lanjut pembelajaran daring. Seluruh tahapan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menciptakan pembelajaran daring yang efektif. Kedua, kesulitan pembelajaran daring yang terjadi berkaitan dengan kurang tersedianya infrastruktur, rendahnya sumber daya manusia, pembelajaran dianggap tidak menarik, penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi guru, penggunaan metode pembelajaran yang monoton, serta sulitnya memilih media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Ketiga, upaya mengatasi kesulitan pembelajaran daring yang terjadi berkaitan dengan meningkatkan ketersediaan infrastruktur, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, menciptakan pembelajaran yang menarik, penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi siswa, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penggunaan media pembelajaran yang efektif dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan pembelajaran, pembelajaran daring | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:18 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:19 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
View Item |