HANIPAH, Hani (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GENDER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SINDANGWANGI 04. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (11kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (64kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (119kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
LAMPIRAN-HANI HANIPAH-40217022-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kesulitan belajar merupakan suatu hambatan atau gangguan yang dialami oleh anak dalam kegiatan belajar sehingga menghambat tercapainya suatu tujuan belajar dan menghambat meningkatnya taraf belajar seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar akademik siswa kelas V ditinjau dari gender pada masa covid-19 di SD Negeri Sindangwangi 04. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penlitian menunjukan bahwa (1) siswi perempuan lebih banyak mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa perempuan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. (2) Sedangkan kesulitan belajar yang lebih banyak dialami oleh siswa laki-laki dipengaruhi oleh faktor eksternal yakni sulit beradaptasi di lingkungan sekolah serta kesulitan belajar yang dipengaruhi oleh kurangnya fasilitas pendukung kegiatan belajar yang disediakan oleh orang tua di rumah. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dipaparkan maka terdapat beberapa saran yang ditunjukan untuk siswa dan orang tua dan sekolah. Siswa diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, mampu beradptasi dengan teman dan juga lingkungan sekolah. Orang tua memberikan fasilitas dan pendampingan belajar siswa di rumah. Sekolah diharapkan dapat memperbaiki sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegitana belajar siswa dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | siswa, kesulitan belajar, covid-19, SD Negeri Sindangwangi 04. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:40 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:40 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |