FAJAR, Alif Luqman Nur (2022) SURVEI TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KELAS ATAS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DI DESA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (474kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (86kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (210kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (201kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN2-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ALIF LUQMAN-40217038-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika melakukan observasi, yaitu sebagian besar siswa ketika mencari materi pembelajaran atau literasi sudah dengan menggunakan media digital, sebagai contoh smartphone. Namun dalam penggunaannya banyak siswa baik laki-laki maupun perempuan yang belum paham tentang literasi digital. Hal tersebut disebabkan karena faktor-faktor yang mempengaruhi literasi digital. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) tingkat literasi digital siswa kelas atas ditinjau dari jenis kelamin, (2) tingkat literasi digital antara kelas IV dan kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di desa Bumiayu. Populasi penelitan adalah siswa kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Desa Bumiayu yang berjumlah 215 orang, Sampel penelitian diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, dan analisis dengan menggunakan uji Independent T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada perbedaan tingkat literasi digital siswa kelas atas (IV dan V) ditinjau dari jenis kelamin dengan nilai sig.0,748. Dan Nilai Sig(2-tailed) 0,802.; (2) Tidak ada perbedaan tingkat literasi digital siswa antara kelas IV dan V (dengan nilai sig. 0,712). Dan nilai sig.(2-Tailed) 0,920.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Survei, Literasi digital, Siswa Sekolah Dasar, Jenis kelamin | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan > Literasi Digital untuk pendidikan dasar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2022 04:42 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2022 04:42 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1124 |
Actions (login required)
View Item |