MUHIMAH, Muhimah (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.docx - Published Version Download (19kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-MUHIMAH-4017013-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
Abstract
Peserta didik mengalami kesulitan dalam matematika karena hal yang dipelajari di sekolah adalah hal-hal abstrak sehingga siswa harus bisa mengembangkan kemampuan pemahaman yang sangat penting dalam mempelajari matematika karena kemampuan tersebut merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan matematika, seperti pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kesulitan siswa dalam mengerjakan soal SPLDV dan apa saja faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang siswa kelas X TBSM 2 SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang dalam mengerjakan soal SPLDV dan mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, lembar tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman tinggi mengalami kesulitan pada elemen konsep dan pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan pemahaman sedang mengalami kesulitan pada elemen konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman rendah mengalami kesulitan pada elemen konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah. Faktor-faktor penyebabnya seperti kurangnya kemampuan pemahaman konsep, sikap dan pola pikir, pembelajaran yang kurang menarik, dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Matematika, Kemampuan Pemahaman | ||||||
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:03 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:03 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
View Item |