Search for collections on Repository Universitas Peradaban

MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

UMIYATI, Aufa (2023) MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
43218001 Abstrak.docx - Published Version

Download (22kB)
[img] PDF (COVER)
43218001 Halaman Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
43218001 Bab I.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] PDF (BAB II)
43218001 Bab II.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] PDF (BAB III)
43218001 Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB IV)
43218001 Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (BAB V)
43218001 Bab V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
43218001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan rokok gudang garam Edisi Terbitnya Sang Surya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin milik Pierre Bourdieu, teori semiotika dan teori five major codes milik Roland Barthes sebagai teori pendukung dalam analisis teksnya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin untuk menganalisis habitus, field dan capital. Dan menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis kode denotasi, konotasi dan mitos yang didapatkan dari video iklan rokok gudang garam sebagai subjek utama penelitian dan menganalisis teks dengan membedah teks iklan menggunakan teori five major yang terdiri atas 5 bagian yakni hermeneutik, proairetik, semik, simbolik dan gnomik. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini, iklan Rokok Gudang Garam Edisi Terbitnya Sang Surya merepresentasikan nilai maskulinitas dengan penggambaran sosok laki-laki membuktikan kemaskulinitasanya menggunakan homologi, pertaruhan field dan penggambaran kesuksesan dan kekayaan sebagai pembuktian sifat maskulin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZEN, Ahmad RifaiNIDN0617088002
Uncontrolled Keywords: Iklan, Rokok, Semiotika Roland Barthes, Dominasi Maskulin, Five Major Codes
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Komunikasi Nonverbal: Gesture, Body Language, Semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:59
Last Modified: 09 Nov 2023 03:59
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item