DZIKRILLAH, Latanzi (2023) PERSONAL BRANDING GURU SEKOLAH DASAR PADA AKUN @guru_viral2017 DI MEDIA TIKTOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.doc - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (COVER)
COVER-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (499kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (919kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN-Latanzi Dzikrillah-43219004-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses personal branding seorang guru sekolah dasar Husnul Khatimah pada akun @guru_viral2017 di media tiktok. Dalam menganalisis proses personal branding Husnul Khatimah penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman dengan menggunakan teori Authentic Personal Branding yang dikemukakan oleh Hubert K. Rampersad. Dimana konsep yang digunakan pada teori ini adalah mengenai bagaimana seseorang dapat membangun sebuah cita diri secara konsisten serta autentik dalam lingkungan profesional maupun pribadi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada proses personal branding Husnul Khatimah pada akun TikTok @guru_viral2017, dirinya lebih mengedepankan bagaimana ia terlihat sebagai guru sekolah dasar yang berfokus kepada konten dan kebutuhan pengikut serta para orang awam yang tertarik untuk mengetahui aktivitas belajar mengajar disekolah. Sesuai dengan teori yang digunakan bahwa penerapan Authentic Personal Branding pada akun @guru_viral2017 berhasil memiliki keotentikan, berpegang pada pedoman moral yang ditetapkan, fokus pada satu bidang khusus, memiliki konsistensi, relevan terhadap minat audiens, memiliki visibilitas, dapat dikatakan sebagai pemimpin yang efektif, dan memiliki kinerja yang baik. Melalui temuan pada penelitian ini diharapkan bahwa personal branding yang ditampilkan oleh Husnul Khotimah ini dapat memberikan edukasi kepada orang tua murid mengenai pendidikan yang erat kaitannya dengan perkembangan zaman terutama wilayah Bumiayu dan sekitarnya, mengunggah konten positif tanpa menyinggung pihak manapun seperti diskriminasi suku, agama, ras, antargolongan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Guru, Tiktok, Authentic Personal Branding | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Media Komunikasi, Media Massa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:36 | ||||||
Last Modified: | 13 Nov 2023 01:36 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1352 |
Actions (login required)
View Item |