ISLAKHATI, Dwi Mei Putri (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT)DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (13kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (760kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (225kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DWI MEI PUTRI ISLAKHATI-40319015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematis termasuk salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Dalam proses pembelajaran, masing-masing siswa memiliki cara khusus tersendiri dalam memfungsikan mental kognitifnya baik itu berpikir, mengingat, memecahkan masalah maupun memproses informasi yang telah didapat. Ada siswa yang cenderung memerlukan petunjuk dan perintah yang lebih jelas dari orang lain dalam menyelesaikan masalah, namun ada juga siswa yang mampu bekerja mandiri dan memiliki kinerja yang efektif dalam menyelesaikan masalah, hal tersebut didasari oleh karakteristik dari gaya kognitif masing-masing siswa itu sendiri. Gaya kognitif dibedakan menjadi 3 yaitu gaya kognitif field dependent, gaya kognitif field intermediate dan gaya kognitif field independent. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA (Programme for International Student Assesment) ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Sirampog. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara, dengan menggunakan instrumen angket GEFT, tes pemahaman konsep matematis dengan materi soal PISA, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent memiliki persentase pencapaian pemahaman konsep matematis sebesar 55,55% dengan kategori cukup. Siswa dengan gaya kognitif field intermediate memiliki persentase Pencapaian pemahaman konsep matematis sebesar 86,11% dengan kategori sangat baik. Dan siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki persentase pencapaian pemahaman konsep matematis sebesar 97,22% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematis, Soal PISA, Gaya Kognitif. | ||||||
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:47 | ||||||
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:47 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |